10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Masuk Kuliah

10 Tips Sebelum masuk Kuliah

10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Masuk Kuliah | Untuk kalian yang baru lulus SMA/SMK, masuk dunia perkuliahan pastinya jadi suatu momen yang ditunggu-ditunggu. Meskipun terdengar menyenangkan, tapi banyak persiapan yang harus kalian persiapkan. jadi jangan dianggap remeh ya, Sahabat Nulis.

Kalian perlu memperhatikan beberapa persiapan, karena pindah dari kehidupan SMA/SMK ke universitas merupakan fase baru yang pastinya berbeda banget dengan kebiasaan kalian sebelumnya.

Kira-kira apa saja persiapan kuliah yang harus diperhatikan? Yuk, simak artikel ini sampai selesai yaitu:

Selesaikan Proses Administrasi Pendaftaran

Banyak kampus yang memiliki kebijakan agar mahasiswa dapat menyelesaikan persyaratan administrasinya secara bertahap hingga mendekati dimulainya tahun ajaran baru. Bagi kalian yang belum menyelesaikan proses pendaftaran, proses administrasi harus segera dituntaskan, seperti pembayaran biaya kuliah, pendaftaran ulang, pengumpulan berkas, hingga tes kesehatan.

Persiapkan Mental

Persiapan kuliah berikutnya, yaitu mental. Persiapan mental di sini maksudnya, kalian harus bisa membedakan mental saat sekolah dengan kuliah. Jika di sekolah biasanya kalian sering diberikan informasi dari guru, lain halnya dengan kuliah. Di kuliah, kalian harus aktif mencari semua informasi yang ada di kampus, mulai dari jadwal ujian hingga kehadiran dosen. kalian dituntut menjadi mandiri dan dosen pun tidak akan ‘menyuapi’ pembelajaran terus menerus. Harus ada kesadaran penuh untuk mempelajari materi kuliah.

Cari Informasi Lengkap tentang Kampus

Persiapan kuliah yang tak kalah pentingnya adalah mencari informasi lengkap tentang kampus. Masuk ke lingkungan baru tentu saja membuat kalian harus beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Oleh karena itu, sebelum masuk dan memulai pelajaran pertama di kampus, Kalian wajib mencari tau hal-hal apa saja yang ada di kampus. Informasi yang kalian dapat mengenai kampus bisa menjadi senjata utama untuk beradaptasi di lingkungan baru Untuk sementara, Kalian bisa mencari informasi mengenai kampus melalui internet atau media sosial. Namun, ketika sudah resmi jadi mahasiswa baru, Kalian bisa bertanya kepada senior, dosen, teman, atau staff-staff kampus mengenai hal-hal yang perlu kalian ketahui tentang kampus kalian sendiri. Pelajari juga tentang sistem administrasi yang berhubungan dengan nilai akademik, misalnya cara mengurus Kartu Rencana Studi (KRS) dan Satuan Kredit Semester (SKS)

Baca juga: 10 Tips Sebelum Naik Pesawat

Siapkan Keperluan Perkuliahan

Kalian juga perlu mempersiapkan keperluan perkuliahan. Caranya yaitu mulai dari sekarang, setiap hari sebelum berangkat kuliah, siapkan semua keperluan perkuliahan. Dengan demikian, nantinya tidak ada keperluan yang tertinggal sehingga kalian bisa lebih fokus pada proses pembelajaran. Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian persiapkan Buku dan alat tulis Laptop atau PC Tas KTM atau sepeda Uang receh Makanan dan minuman Alat mandi Camilan Tips Persiapan Masuk Kuliah (Pexels) 5. Mencari Kost-kostan Bagi kalian yang merantau, mencari kost menjadi salah satu persiapan kuliah yang penting. Hal ini dikarenakan kost-kostan akan menjadi rumah di kota rantau sehingga kalian harus mencari rumah kost yang aman, nyaman dan memiliki fasilitas yang dapat menunjang aktivitas. Ada baiknya lagi jika kalian mencari kost yang dekat dengan lokasi kampus guna memudahkan kamu dalam menjangkau kampus.

Mencari Kost-kostan

Bagi kamu yang merantau, mencari kost menjadi salah satu persiapan kuliah yang penting. Mengingat kost-kostan akan menjadi rumah di kota rantau, kamu harus mencari rumah kost yang aman, nyaman dan memiliki fasilitas yang dapat menunjang aktivitas. Ada baiknya lagi jika kamu mencari kost yang dekat dengan lokasi kampus guna memudahkan kamu dalam menjangkau kampus.

Mencari Perabot untuk Kost

Sebagai mahasiswa baru yang pertama kali menempati kost, persiapan perabot adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan, apalagi jika kost yang kamu pilih dalam kondisi kosongan. Perabot yang biasanya diperlukan mahasiswa adalah lemari pakaian, rak sepatu, gantungan baju, hingga peralatan masak. Lakukan penataan yang baik untuk kamarmu, sehingga kondisi kamar tidak terlihat penuh. Kamu pun tetap nyaman berada di dalamnya.

Memiliki Gadget Penunjang Kuliah

Gadget penunjang menjadi salah satu persiapan kuliah yang tak kalah pentingnya. Sebab, kegiatan dalam dunia perkuliahan biasanya tidak selalu menggunakan textbook sebagai sumber referensi.

Seringkali dosen juga akan meminta mahasiswa mencari referensi baru dengan memanfaatkan laptop atau tablet untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Untuk itu, pastikan laptop atau tablet masuk dalam daftar yang wajib kamu miliki sebelum masuk dunia perkuliahan ya!

Selain untuk memudahkan dalam mencari referensi bahan belajar, gadget yang kamu miliki juga akan menjadi modal dasar untuk kamu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Usahakan kamu memilih gadget yang praktis dibawa ke mana supaya kamu bisa mengerjakan tugas kuliah dimanapun kamu berada.

Baca juga: 6 Manfaat Hobi Menulis

Belajar Atur Uang

Calon mahasiswa baik yang akan tinggal terpisah maupun masih bersama orang tua perlu belajar mengatur keuangan sehari-hari secara mandiri. Memasuki perkuliahan, ada banyak kegiatan peningkatan kompetensi akademik dan skill yang bisa kamu temukan. Jika kamu tidak menemukan opsi gratis untuk mahasiswa, perhatikan kegiatan mana yang membutuhkan anggaran prioritas, seperti dikutip dari Mind.

Perlu diingat, buku dan referensi perkuliahan cetak dan digital juga butuh anggaran setiap semester kendati beberapa di antaranya tersedia di perpustakaan kampus atau fakultas. Jadi, urutkan estimasi kebutuhan di kampus dan atur pengeluaran agar tidak membengkak untuk kegiatan yang kurang perlu.

Nah, itu dia persiapan kuliah yang harus kamu perhatikan. Memang persiapan kuliah tidak mudah tapi dengan mencicil hal-hal di atas, maka akan membantumu agar bisa beradaptasi dengan lebih mudah di dunia perkuliahan.

Memiliki Dana darurat

Permasalahan keuangan bagi mahasiswa baru sangat mungkin terjadi. Misalnya saja ketika sakit atau harus membayar biaya kuliah mendadak, kamu tidak memiliki dana yang cukup. Seringkali meminjam uang pada teman kost tidak membuahkan hasil. Di sisi lain, kamu juga tidak bisa meminta uang pada orang tua karena kondisi tertentu.

Persiapan sebelum kuliah yang tak kalah penting adalah menyiapkan dana darurat dengan nominal yang sudah kamu tentukan. Pisahkan dana tersebut dari ATM yang sering kamu gunakan untuk bertransaksi. Buatlah komitmen pada diri sendiri untuk tidak menggunakan dana darurat tersebut untuk berbelanja atau kebutuhan konsumtif lainnya. Ketika kondisi ekonomimu sedang tidak baik, kamu pun tidak akan kesulitan hidup di tanah rantau karena sudah memiliki cadangan uang di dana darurat.

Persiapkan Relasi.

Sebelum masuk kuliah, kamu harus mempersiapkan jaringan atau circle dengan berkenalan dengan teman-teman baru, dosen, dan staf kampus. Dengan memilih circle yang baik ini akan sangat membantu kamu dalam mengejar karir di masa depan.Pilih orang-orang dengan positive mindset, memiliki tujuan yang sama dengan kamu.

Itulah 10 hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum masuk kuliah. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan baik agar kuliah berjalan dengan lancar. Ingatlah, kuliah adalah proses yang panjang dan menuntut kesabaran dan kerja keras. Jika kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik, kamu akan dapat mengejar cita-cita dengan sukses.

2 Comments


  1. Saat saya kuliah dulu, baru dipertengahan mulai pisah tempat. Pemilihan kost emang ga bisa asal. Pokoknya anak kuliah, semua hal di atas ga boleh diskip. Insyaallah aman tentram dan bisa lebih tenang.


  2. Aku sekarang lagi berjuang untuk dapat beasiswa kuliah
    semoga ada rejekinya, dan benar kalo butuh dana darurat karena kebutuhan saat kuliah ini banyak tak terduga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *