Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan agama kepada para siswanya. Untuk memastikan kualitas pendidikan yang diberikan, Madrasah perlu melakukan evaluasi secara berkala terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan Alat Kriteria Guru (AKG) Madrasah.
Menindaklanjuti SE Direktorak GTK Madrasah Nomor B-139/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/04/2024 tertanggal 30 April 2024 (silahkan unduh Disini) bahwa Sasaran kegiatan Asesmen Kompetensi Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah ini adalah semua guru, kepala dan pengawas madrasah pada semua jenjang; mulai jenjang RA, MI, MTs, dan MA/MAK.
Asesmen Kompetensi Guru (AKG) MI
- Kompetensi Pedagogik : Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik diintegrasikan dengan materi literasi, numerasi, dan sains.
- Kompetensi Profesional : Materi kompetensi profesional pada AKG guru MI meliputi materi Literasi, Numerasi, dan Sains.
Asesmen Kompetensi Guru (AKG) MTs/MA
- Kompetensi Pedagogik : Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik diintegrasikan dengan materi kompetensi profesional (mata pelajaran).
- Kompetensi Profesional : Materi kompetensi profesional pada AKG guru MTs/MA integrasi dari (1) standar kompetensi profesional guru sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2017, (2) standar isi sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016, Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018, Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 (3) standar kompetensi lulusan sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016.
Baca juga: Kumpulan File Evaluasi Diri Madrasah (EDM) MI, MTs dan MA
Asesmen Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling MTs/MA
- Kompetensi Pedagogik : Materi kompetensi pedagogik berdasarkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Materi Pedagogik dapat berdiri sendiri atau diintegrasikan dengan proses bimbingan dan konseling.
- Kompetensi Profesional : Materi kompetensi profesional pada AKG guru Bimbingan dan Konseling MTs/MA adalah standar kompetensi konselor yang diatur dalam Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008.
Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah
- Kepemimpinan Madrasah
- Kepemimpinan Pembelajaran
- Manajerial
- Supervisi
- Kewirausahaan
Baca juga: Modul PKB Guru Numerasi Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Contoh soal AKG Madrasah biasanya terdiri dari berbagai macam jenis pertanyaan yang mencakup berbagai aspek kinerja guru. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dirancang untuk mengukur kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, serta mengevaluasi hasil pembelajaran. Selain itu, soal-soal AKG Madrasah juga dapat mencakup aspek kepribadian guru, seperti etika mengajar, komunikasi dengan siswa, dan kerjasama dengan sesama guru.
Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) Madrasah.
Untuk mengunduh Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru (AKG) silahkan klik dibawah ini:
- Contoh Soal 1 AKG Madrasah DISINI
- Contoh Soal 2 AKG Madrasah DISINI
- Contoh Soal 3 AKG Madrasah DISINI
Dengan adanya contoh soal AKG Madrasah seperti di atas, diharapkan guru-guru di Madrasah dapat melakukan evaluasi kinerja secara objektif dan sistematis. Dengan demikian, Madrasah dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan agama yang diberikan kepada para siswa.
Selain itu, hasil evaluasi kinerja guru dengan menggunakan AKG Madrasah juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi kepala madrasah dalam mengevaluasi kinerja guru secara keseluruhan. Dengan demikian, kepala madrasah dapat memberikan masukan dan saran kepada guru-guru untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah.
Dalam konteks pengembangan pendidikan agama di Madrasah, penggunaan AKG Madrasah merupakan langkah yang sangat penting untuk memastikan bahwa pendidikan agama yang diberikan kepada siswa sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dengan melakukan evaluasi kinerja guru secara berkala, Madrasah dapat terus meningkatkan mutu pendidikannya dan memberikan pendidikan agama yang berkualitas kepada para siswa.
Dalam kesimpulannya, AKG Madrasah merupakan alat evaluasi yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di Madrasah. Dengan adanya contoh soal AKG Madrasah, guru-guru di Madrasah dapat melakukan evaluasi kinerja secara objektif dan sistematis. Melalui evaluasi ini, Madrasah dapat terus meningkatkan mutu pendidikan agama yang diberikan kepada para siswa dan memastikan bahwa pendidikan agama yang diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.