6 Syarat Menjadi Pemilih dalam Pemilu 2024

6 Syarat Menjadi Pemilih dalam Pemilu 2024

6 Syarat Menjadi Pemilih dalm Pemilu 2024 | Tak terasa pemilu tahun 2024 tinggal hitungan hari, kini telah ada tiga calon presiden dan wakil presiden Indonesia yang telah resmi terdaftar di KPU (Komisi Pemilihan Umum). Masing masing dari mereka adalah ada Anis – Cak Imin, Prabowo – Gibran, dan juga Ganjar – Mahfud adalah calon terbaik yang bakal memimpin pemerintahan kita kedepannya setelah bapak Joko Widodo.

Berbicara mengenai syarat dalam menjadi seorang pemilih dalam pemilu tahun 2024, sebagi warga masyarakat yang sudah siap dalam berpartisipasi pada pesta demokrasi mendatang. Setidaknya kita sudah tahu dan paham akan apa saja syaratnya agar kita terdaftar sebagai pemilih yang sah.

Mengacu dari situs resmi kpu.go.id berikut ini adalah 6 syarat menjadi pemilih dalam pemilu 2024 nanti. mari kita simak, agar nanti kita dapat berpartisipasi dalam pemilu 2024 ini tanpa kendala.

Apa Persyaratan Terdaftar sebagai Pemilih?

Syarat Pemilih dalam Pemilu 2024

Pemilih adalah Warga Negara Indonesia yang sudah genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih, sudah kawin, atau sudah pernah kawin. Namun syarat untuk menjadi Pemilih PKPU telah mengaturnya di dalam PKPU No. 7 Tahun 2022, syaratnya adalah:

  1. Genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih pada hari pemungutan suara, sudah kawin, atau sudah pernah kawin;
  2. Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
  3. Berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dibuktikan dengan KTP-el;
  4. Berdomisili di luar negeri yang dibuktikan dengan KTP-el, Paspor dan/atau Surat Perjalanan Laksana Paspor;
  5. Dalam hal Pemilih belum mempunyai KTP-el sebagaimana dimaksud dalam nomor 3 dan nomor 4, dapat menggunakan Kartu Keluarga; dan
  6. Tidak sedang menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Baca juga: Panduan Cek Daftar Caleg dan Profilnya

Lalu, bagaimana kita mengecek apakah telah terdaftar sebagai pemilih atau belum?

Cara Mengecek Telah Terdaftar Sebagai pemilih Atau Belum

Jika kalian sudah memenuhi syarat, cek apakah kamu sudah terdaftar melalui cekdptonline.kpu.go.id bila nama kalian belum terdaftar, kalian bisa langsung datang ke KPU Kabupaten/Kota di domisili kalian.

Apa persyaratan untuk mendapatkan Kartu Pemilih yang telah terdaftar?

Persyaratan Mendapatkan Kartu Pemilih Terdaftar

Di Indonesia tidak ada lagi Kartu Pemilih, yang ada adalah Surat Pemberitahuan kepada Pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT yang diberikan oleh KPPS setempat untuk dibawa ke TPS.

Bagaimana tata cara pendaftaran pemilih melalui online?

Cara Pendaftaran Pemilih Melalui Online

KPU melakukan proses penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih melalui data kependudukan dari Kemendari dan pelaksanaan Coklit atau Pencocokan dan Penelitian yang dilakukan secara langsung dari rumah ke rumah pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Proses pendaftaran tidak dilakukan secara online, mengingat perlunya faktual keberadaan pemilih untuk menentukan di TPS mana dia akan memilih dan menghitung alokasi surat suara yang dibutuhkan di setiap TPS sesuai dengan jumlah pemilih yang terdaftar di wilayah tersebut.

Baca juga: Info Pemilu

Sampai kapan proses pendaftaran pemilih?

Batas Waktu Pendaftaran Pemilih dalam Pemilu 2024

Saat ini sudah ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024. Bagi Masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum terdaftar dalam DPT, tetap dapat memilih dengan menunjukkan KTP elektroniknya di TPS sesuai alamat yang tertera di KTP elektroniknya dan dapat memilih pada jam 12.00 – 13.00 waktu setempat.

Demikianlah informasi kali ini mengenai “6 Syarat Menjadi Pemilih dalam Pemilu 2024“. Semoga bisa dijadikan acuan dasar bagi Sahabat Hobi Nulis dalam menjadi pemilih dalam pemilu 2024 nanti