Rekomendasi Makanan Khas Bandung Paling Enak dan Populer Yang Wajib Dicoba

Rekomendasi Makanan Khas Bandung Paling Enak dan Populer Yang Wajib Dicoba

Rekomendasi Makanan Khas Bandung Paling Enak dan Populer Yang Wajib Dicoba | Terkenal dengan segudang destinasi wisatanya yang menarik, Kota Bandung juga memiliki kekayaan kuliner yang menggugah selera. Bentuknya unik-unik dengan rasa yang menggoyang lidah.Dari sekian banyak makanan khas Bandung, ada beberapa yang paling enak dan populer. Berikut rekomendasi makanan yang wajib kamu cicipi di Bandung!

Cimol

Cimol adalah makanan khas Bandung yang populer dan banyak dijadikan camilan banyak kalangan. Rasa gurih dan tekstur kenyalnya setelah digoreng membuat cimol lebih nikmat untuk disantap di berbagai suasana. Kamu juga bisa tambahkan bubuk bumbu berbagai rasa untuk menciptakan cita rasa cimol yang tidak membosankan.

Cilok

Cilok merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas Bandung yang terbuat dari aci. Bentuknya bulat dan sekilas mirip dengan cimol. Akan tetapi, cimol dan cilok memiliki perbedaan dalam proses memasaknya.Cimol dimasak dengan cara digoreng, sedangkan cilok direbus kemudian dikukus supaya tetap hangat. Rasa cilok gurih dengan tekstur kenyal bercampur dengan saus pedas yang makin menggugah selera.

Cilung

Makanan khas Bandung dengan bahan dasar aci selanjutnya adalah cilung. Cilung adalah singkatan dari aci digulung. Sesuai dengan namanya, cilung memiliki bentuk panjang yang digulung dan ditusuk dengan lidi, lalu digoreng.Kini varian cilung pun makin ragam. Kamu dapat mengkombinasikan cilung dengan isian sosis, kornet, hingga keju yang juga gak kalah nikmat.

Nasi Timbel

Nasi timbel adalah makanan khas Bandung yang pas buat dijadikan pilihan menu sarapan. Selain mengenyangkan, menyantap nasi timbel juga gak akan ngebosenin karena pilihan lauk-pauknya beragam.Beberapa lauk favorit di antaranya seperti ayam goreng, tahu, ikan goreng, ati ampela, hingga pepesan dan sayur asem. Nasi timbel juga dilengkapi dengan lalapan dan sambal selayaknya kuliner khas Sunda pada umumnya.

Lontong Kari

Berkunjung ke Bandung gak lengkap rasanya kalau belum mencicipi lontong kari. Cita rasa kuah santan kari yang gurih dijamin bikin kamu ketagihan. Menu ini sangat cocok untuk jadi menu sarapan di tengah dinginnya pagi Kota Kembang.Sekilas tampilannya gak jauh berbeda dari kari pada umumnya. Hal yang membedakan hanyalah penambahan lontong sebagai pilihan karbohidratnya. Untuk proteinnya, kamu bisa memilih daging ayam atau daging sapi. Lontong kari banyak ditemukan di warung-warung makanan khas Bandung yang dijual dengan harga terjangkau.

Combro

Combro adalah singkatan dari oncom dijero atau dalam bahasa Indonesia berarti oncom di dalamnya. Combro terbuat dari singkong yang diparut dan diisi oncom lalu digoreng hingga kecokelatan.Gurihnya rasa oncom kerap kali paduan nikmat untuk lauk makan di segala suasana. Makanan khas Bandung yang satu ini cukup mudah ditemukan di warung makan hingga restoran.

Misro

Sama halnya seperti combro, misro juga terbuat dari singkong yang diparut kemudian dibulatkan dan digoreng. Hal yang membedakan keduanya adalah bagian isiannya.Jika combro cenderung memiliki rasa gurih, sedangkan misro justru lebih manis karena berisi gula merah. Itulah mengapa camilan ini diberi nama misro, yang berarti manis dijero alias manis di dalam.

Gehu Jeletot

Makanan khas Bandung tampaknya dekat dengan olahan tahu. Salah satunya adalah gehu jeletot. Gehu jeletot merupakan olahan tahu dengan tambahan bahan isian. Beberapa isian yang paling umum yakni wortel, bihun, kol, tauge, hingga daging.Teksturnya krispi karena dibalut tepung, kemudian digoreng hingga kering. Rasanya gurih dan lebih nikmat jika disantap selagi hangat.

Cuanki

Berikutnya ada Cuanki. Cuanki menjadi salah satu ikon jajanan khas Sunda yang cukup populer. Biasanya, cuanki disajikan berkuah lengkap dengan taburan bawang goreng dan daun seledri.Penambahan kuah pada penyajian cuanki membuat makanan khas Bandung ini semakin nikmat jika disantap selagi hangat. Penyajian cuanki sekilas mirip dengan penyajian bakso tetapi tanpa tambahan mi kuning ataupun bihun.

Mie kocok

Pencinta makanan berkuah pasti suka mie kocok. Mie kuning gepeng ini dilengkapi potongan kikil, sumsum, daun seledri, dan bawang goreng.12. Batagorilustrasi batagor (instagram.com/batagorbraga)Disajikan dengan bumbu kacang yang nikmat, batagor jadi salah satu makanan paling lezat di Bandung. Isinya tahu goreng dan pangsit goreng.

Seblak

Belakangan, seblak sedang ramai jadi perbincangan di dunia maya. Kuliner yang satu ini rupanya punya banyak penggemar di nusantara. Hal itu tak lepas dari cita rasa pedas gurih bumbunya.Seblak adalah makanan khas Bandung berkuah yang terbuat dari campuran kerupuk basah, sayur, daging, dan telur. Kamu bisa memilih tingkatan pedas dan topping sesuai selera.

Karedok

Cocok untuk diet, karedok berisi sayur-sayuran seperti taoge, kol, kacang panjang, dan mentimun. Bumbu kacangnyanya nikmat banget.

Nasi tutug oncom

Nasi tutug oncom berupa nasi yang ditumbuk dan dicampur oncom. Disajikan dengan lauk, seperti ayam goreng, tahu, dan tempe goreng.

Lotek

Hampir sama dengan karedok, lotek juga berisi sayur-sayuran matang, seperti kangkung taoge, dan kacang panjang dengan siraman saus kacang.

Colenak

Colenak berupa peuyeum dibakar dan dicocol gula merah yang sudah dilelehkan. Gula merah makin nikmat dicampur parutan kelapa.

Surabi

Camilan hits Bandung adalah surabi. Dibuat dari tepung beras, makanan ini disajikan dengan beragam rasa dan topping lezat.

Tahu susu

Pencinta tahu susu mari merapat ke Lembang, Bandung. Bisa dijadikan oleh-oleh, tekstur tahu ini sangat lembut dan terkenal menyehatkan.

Pisang bollen

Pisang bollen khas Bandung yang merupakan olahan pisang, tepung, telur, dan mentega. Terkadang isian bollen juga dikombinasikan dengan cokelat ataupun keju. Tekstur adonan yang berlapis-lapis pada kue ini memberikan kenikmatan tersendiri saat dikunyah.

Pisang bollen makin nikmat disantap dengan secangkir kopi atau teh hangat.

demikianlah rekomendasi makanan khas Bandung paling enak dan populer yang wajib dicoba. Sahabat hobinulis.or.id sudah pernah mencicipi yang mana saja, nih?